Kamis, 28 Januari 2010

PERUBAHAN ENERGI DAN TEKNOLOGI

OLEH : PUNGKY HERTANTO

Manusia telah belajar bahwa untuk membuat sesuatu bergerak ke arah yang diinginkan dengan cepat, diperlukan energi dan gaya yang besar. Pemanfaatan energi digunakan dalam peluncuran sebuah pesawat ruang angkasa. Untuk menerbangkan sebuah pesawat diluar angkasa secara vertikal meninggalkan bumi, diperlukan gaya dorong ke atas yang sangat besar yang melawan gaya grafitasi bumi.

Biasanya sebuah pesawat membawa 2 roket pendorong bermassa 2 juta kilogram, tiga mesin utama, dan tangki bahan bakar. Gabungan energi kedua roket memberikan gaya dorong sebesar 26 juta newton untuk 2 menit pertama, penerbangan sampai ketinggian 45 km dengan kecepatan 4,973 km/jam sebelum akhirnya berpisah dan jatuh kelaut.
Gaya dorong roket diperoleh dari energi kimia. Bahan bakarnya berupa hidrogen cair dan oksigen cair. Setiap roket membakar sekitar 1 ton bahan bakar dan oksigen. Setiap menitnya supaya pesawat terangkat keatas.

Pada saat pesawat mengalami percepatan, energi kinetik pesawat bertambah, penambahan ketinggihan pesawat menambah energi grafitasi potensial, cahaya yang terlihat dari pembakaran bahan bakar menunjukkan adanya perubahan energi kimia menjadi energi cahaya dan panas. Pembakaran bahan bakar tersebut juga menghasilkan suara yang dasyat yang berarti adanya energi bunyi. Perubahan energi tersebut dapat dilihat pada diagram berikut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar